Blogroll

Tiada balasan yang lebih baik keculai bisa diizinkan untuk menatap Dzat Nya

Kamis, 12 April 2012

Cara Menggabungkan Data di Ecel ke Ms Word (Mailings)

Mailings adalah sebuah sistem penggabungan data dari xcel ke m-word. hal ini berlaku untuk surat menyurat yang bertujuan banyak dan sertifikat dengan nama  yang banyak pula. manfaatnya:
- pemberian nama2 di sertifikat atau surat2 tanpa menuliskan nama satu2 dan kemudian di print
- pemberian nomor-nomor pada surat tanpa menuliskannya manual sat persatu di surat tujuan sebelum dicetak

Aplikasinya seperti dibawah.

1. Buat dahulu formas bakunya (surat atau sertifikat) dalam bentuk word


2. Save file word diatas
3. Buat data file di xcel (contoh)


4. Save data file exel diatas
5. Sekarang buka kembali file word yang telah kita buat
6. Klik icon mailings

akan muncul pilihan2 seperti diatas, kemudian klik "start mail merge" kemudian pilih "Letter"



kemudian klik "Select Recipients" dan klik "use Existing List"

setelah langkah diatas akan muncul jendela seperti dibawah, pilih file xcel yang telah kita buat di awal-awal

setelah file kita pilih akan muncul pemilihan sheet. Sheet ini bertujuan untuk memilih data pada sheet yang mana, jika data kita berada di sheet 2 maka kita pilih sheet 2 dan begitu pula dengan letak data yang lainnya

langkah selanjutnya adalah, blok bagian file word yang ingin kita ganti-ganti melalui mailings ini. Kemudian pilih "insert Marge Field" dan kemudian akan muncul jendela seperti ada dibawah ini. pilih "No Surat" untuk penggantian nomor-nomor surat dan pilih "Tujuan" untuk mengganti tujuan surat ini

jika sudah, maka bagian yang kita blok akan berganti seperti dibawah

ini hasil setelah penggantian tujuan dan no surat  
 selanjutnya adalah memilih "Finish & Merge" dan klik " Edit Individual Documents"
 kemudian akan keluar jendela seperti dibawah dan klik "Ok"

hasilnya adalah:

selamat mencoba
di sertifikat juga bisa (^_^)




aris fauzi
t. mesin its '08








Tidak ada komentar:

Posting Komentar