Blogroll

Tiada balasan yang lebih baik keculai bisa diizinkan untuk menatap Dzat Nya

Selasa, 08 November 2011

Kenangan Itu


Senja Itu Pasti Datang


Liric Ada Band

Teringat masa kecilku
Kau peluk dan kau manja
Indahnya saat itu
Buatku melambung
Disisimu terngiang
Hangat nafas segar harum tubuhmu
Kau tuturkan segala mimpi-mimpi

Serta harapanmu

Kau ingin ku menjadi
Yang terbaik bagimu
Patuhi perintahmu
Jauhkan godaan
Yang mungkin kulakukan
Dalam waktuku beranjak dewasa
Jangan sampai membuatku
Terbelenggu jatuh dan terinjak

Tuhan tolonglah sampaikan
Sejuta sayangku untuknya
Ku terus berjanji
Tak kan khianati pintanya
Ayah dengarlah betapa sesungguhnya
Ku mencintaimu
Kan ku buktikan ku mampu penuhi maumu

Andaikan detik itu
Kan bergulir kembali
Kurindukan suasana
Basuh jiwaku
Membahagiakan aku
Yang haus akan kasih dan sayangmu
Tuk wujudkan segala sesuatu
Yang pernah terlewati


Lagu ini teringat ketika perjalanan pulang di ruangannya bang bis yang melewati daerah Jombang-Mojokerto, pas waktu itu melihat banyak banget rumput liar yang ijo2. "Beeh,,, bayangin, kalo bapak nyari rumput disini, bapak gak usah susah susah pergi ke gunung ber-jam2 lamanya, tinggal keluarin jurus tangan seribu dikurangi 998 saja udah beres, dua karung dalam satu jam gampang dilakoni. :-)".

Teringat kala itu awal mulanya aku didik buat nyari rumput, sekitar umur SD kelas 3-an kalo gak salah, aku yang bandel sangat ogah-ogahan untuk disuruh nyari rumput, jangankan nyari rumput, ngasih makanan ke kambing ja masih pikir pikir... hehe.... knapa ya kemaren sulit banget disuruh, karena panas ato karena gak da temennya, entah lah, yang jelas emang jarang bisa disuruh aku ne buat nyari rumput. kalo disuruh makan sih oke2 aja, apa lagi kalo lauknya ikan teri yang gede2 tu, emmmm.... gak da duanya, makanan faforitku masa kecil... kalo pas habis pulang sekolah, yang ditanyakan bukan kabar bapak sama mamak, pertama kali datang langsung tanya "mak, mamak, saiki lawuhe opo?"
"kae le, enek iwak"
wooo, langsung tak serbu, walo baju putih ma celana merah mungil tu masih nempel.. gak peduli...

Nah ne kembali ke cerita awal. Karena seringnya disuruh dan sering juga gagal, suatu hari bapak jadi agak beda, gimana gitu, mungkin pas puncak2 nya gemesnya bapak ke aku (sulit disuruh-suruh), beliau sempaet kasar... gini, waktu sore yang sudah rutinan jadi jadwal nyari rumput, aku disuruh buat nyari rumput sama bapak.
"emoh pak golek suket, aku pengen dolanan karo kae, bal-balan"
"ndang to lek dikongkon karo wong tuek kui, wes ndak usah akeh-akeh ritek, sak tompo iki ahe,
lek ora gelem golek sak tompo, sak tekem ae. piye?, lek panggah ora gelem golekne sak tekem, ki sak adah jajan ae, sing penteng awakmu golek suket" sambil nunjukin sisa kantong jajan kira2 sebesar kantong jajan pilus yang seharga 500 an.
karena merasa malu, eh, karena pa ya kemaren, gengsi (mosok anak laki2 laki cuma nyari rumput saja dapet.e sekantong jajan, mau ngasih makan kambing ato tikus?) atau takut dimarahi ya, pokoknya aku terpaksa jadi berangkat dengan membawa sabit dan tompo yang udah disediakan dari awal. Hehehe, wal hasil tompo penuh juga dengan rumput ijo2, walo lama nyarinya n masih da beberapa rumput yang agak tidak disukai kambing juga ikut didalamya. Mulai dari keterpaksaan itulah aku mulai belajar, yah, emang sih, satu pekan kudu dipaksa terus ma bapak. Tapi efeknya.............. sangat menyenangkan, jadinya, aku kalo gak nyari rumput dua hari berturut turut, maka badan ini terasa pegel2, ketagihan. Nyari rumputlah pelampiasanku buat ngeluarin keringet, soale sekampung yang paling gede aku (temen seperjuanganku udah pada nikah n udah keluar pulau, biasa, nyari kerja), masak mau main ma adek2 kecil, menang terus kalo gitu ceritanya. Efek samping dari situ banyak banget, kalo diibaratkan pepatah, sambil menyelam minum susu. Gimana tidak, sambil nyari rumput, dapet tu keringet, sambil ngliatin ijo2 nya rumput dapet tu tip kesehatan untuk peremajaan mata, sambil motong2 rumput bisa juga disempatkan buat do'a dan nyanyi2 (jaman bahula masih seneng2 nya nyanyi), kalo pas ketemu orang seperjuangan merumput, bisa juga diajak ngobrol seputar hewan ternak, lokasi banyak rumput n cerita unik nya seputar pangeran rumput. Kalo lagi untung, dapet juga sebagian bekal makanan mereka yang dikasih ke aku.... hehehe...

kenangan bertahun tahun yang lalu, saat bapak masih setengah baya

sekarang sudah jauh berbeda, lingkungan rumah yang tidak banyak lagi ditumbuhi rumput liar, proyek bangunan dan penyemprotan pembasmi rumput sudah menjadi faktor penambah berkurangnya rumput segar (katane pak wedus sih gitu). Kalo efek yang kerasa bagi para pencari rumput tu ya susah buat nyari rumput yang deket ma pemukiman, biasanya kudu hijroh dulu kalo mau nyari rumput yang banyak. Biasanya di sekitar bendungan dan di deket rawa2. Jauh sih, tapi gimana lagi... bapak juga gak punya pilihan, kalo nyari dedaunan yang ada di pohon.... lama2 habis juga, mau makek daun pohonnya tetangga juga malah ngrepotin... setiap hari (kalo pas nyari rumput di gunung n rawa) jadi pembalap dadakan, jalan tikungan n jurang dilalui dengan belalang tempur beliau..

Setiap aku pulang kampung, memandang bapak yang semakin hitam dan semakin kecil tubuhnya, jadi gak tega melihat beliau yang membawa sabit dan tank buat nyemprot tanaman. Walaopun aku bersyukur bapak sudah berhenti merokok, tapi efek merokok kemarin masih menyangkut dibeliau. Sering sakit dan batuk. Siklus hidup bapak sangat padet, pagi habis subuh setelah tilawah n mandi, beliau langsung brangkat kepasar sama mamak, mermak baju. pulangnya sudah sekitar jam 2 an siang, Habistu tidur sampai jam 3 dan sorenya digunakan untuk nyari rumput sampek magrib. malamnya kalo pas malam jumat, ahad sama rabu pergi kerumah nenek, rutin, kata mas sih ikut pengajian yang diadakan disana. pulang malam jam 9, kalo mau diterusin, jam 9 bapak masih liat TV, paling suka tuh Jakarta Lawyers, hehe, suka karena sering gregetan mungkin.

Capek sih pasti, tak takutkan kalo bapak kena paru2 nya, efek rokok dan flek dari embun pagi saat bermotoran. (waduh.... masih belum sempet beli masker... insya Allah nanti tak belikan)

Sekarang saatnya semboyan itu dilaksanakan "Jangan tanyakan apa yang ia berikan kepada kamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada nya". Semoga satu penggal puisi yang disampaikan dalam film KCB benar benar bisa terwujud, "ijinkan sekali lagi mereka meneteskan air mata kebanggan kepadaku".

Semoga anak yang satu ini jadi anak yang solih, agar amalan kebaikan itu masih terus mengalir,
Semoga Engkau masukkan mereka dalam daftar orang2 yang Engkau cintai
Semoga sisa hidup mereka merupakan sisa umur hidup yang khusnul khotimah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar